Salah satu kesalahan utama yang dilakukan akuntan adalah mengharapkan bisnis datang kepada mereka. Praktisi terbaik tahu bahwa ini tidak cukup. Mereka terus mencari peluang untuk menemukan klien baru. Faktanya, pertumbuhan adalah salah satu fokus utama akuntan yang sukses. Jadi bagaimana Anda bisa menerapkan ini ke perusahaan Anda? Dalam artikel ini, kami mengidentifikasi 11 hal yang dapat mulai Anda lakukan sekarang untuk menemukan lebih banyak klien akuntansi.

11 praktik terbaik untuk menemukan klien akuntansi

1. Tentukan ceruk pasar Anda

Sebelum Anda ingin menumbuhkan klien Anda, perjelas proposisi nilai Anda. Apa yang Anda tawarkan, dan apa yang membedakan Anda? Saat Anda mengklarifikasi kekuatan Anda, Anda akan menemukan ceruk yang sesuai dengan keahlian Anda. Niche Anda dapat didasarkan pada minat pribadi, lokasi, spesialisasi pekerjaan, industri, atau kelompok usia Anda. Singkatnya, memahami ceruk Anda mengungkapkan alasan mengapa klien potensial akan memilih Anda daripada pesaing Anda atau pilihan DIY.

2. Tentukan preferensi klien Anda

Perjelas tentang siapa yang ingin Anda tarik saat Anda menemukan klien akuntansi untuk perusahaan Anda. Tidak ada gunanya bagi Anda untuk memiliki sejumlah besar klien berkualitas rendah. Gunakan pengalaman Anda dengan klien sebelumnya untuk menentukan atribut apa yang harus dicari di masa mendatang, serta atribut yang harus dihindari. Temukan klien akuntansi yang menyenangkan untuk diajak bekerja sama dan yang mengembangkan bakat Anda. Saat Anda menciptakan visi yang jelas tentang klien ideal Anda, Anda tidak akan membuang waktu mengejar mereka yang tidak cocok untuk perusahaan Anda. Sebaliknya, Anda akan menghabiskan waktu Anda untuk menarik individu yang akan membantu bisnis Anda berkembang.

3. Bermitra dengan profesional industri lainnya

Jika calon klien mencari layanan yang mungkin tidak Anda tawarkan, jangan takut untuk merujuk mereka ke profesional lain di industri yang dapat membantu mereka. Ini mungkin tampak bertentangan dengan tujuan menemukan klien akuntansi untuk perusahaan Anda, yang terbaik adalah menjaga niat tetap tulus dan bertujuan untuk memberikan layanan berkualitas kepada orang-orang. Meskipun layanan mungkin belum tentu disediakan oleh perusahaan Anda, ini dapat membuka pintu bagi kemitraan profesional di mana Anda dapat diberi imbalan atas tindakan bermanfaat ini dengan mengirimkan lalu lintas rujukan kepada Anda.

4. Melaksanakan program rujukan

Referensi rata-rata lebih efektif daripada metode periklanan tradisional. Ini sebagian besar karena mereka berasal dari sumber tepercaya seperti teman, anggota keluarga, dan mentor. Sayangnya, klien Anda mungkin tidak akan berpikir untuk merujuk siapa pun ke arah Anda tanpa diminta terlebih dahulu. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah meminta referensi ini.

Perjelas bagaimana rujukan akan membantu perusahaan Anda berkembang. Keluar dari cara Anda untuk menunjukkan kepada klien utama Anda betapa Anda menghargai bisnis mereka sebelum Anda meminta rekomendasi mereka. Anda juga dapat memberi penghargaan kepada rujukan yang berhasil dengan insentif uang tunai (tidak harus dalam jumlah besar). Secara teratur ingatkan klien Anda tentang insentif ini atau program rujukan lainnya yang Anda terapkan secara langsung, di situs web Anda, melalui email, atau di saluran media sosial.

5. Bergabung dengan ruang kerja bersama

Jika Anda menjalankan kantor akuntan virtual, mungkin ada saatnya Anda perlu mengubah suasana dan tempat terbaik untuk melakukannya adalah bekerja di ruang kerja bersama. Anda masih dapat menghemat uang dengan mengurangi biaya overhead yang umum dengan mengelola ruang kantor fisik sekaligus bertemu orang baru yang berpotensi menjadi klien akuntansi masa depan untuk perusahaan Anda.

Banyak orang yang bekerja di ruang kerja bersama menjalankan bisnis kecil hingga menengah mereka sendiri dan dapat memanfaatkan layanan akuntansi oleh profesional tepercaya. Ruang kerja bersama juga merupakan cara yang bagus untuk menjalin jaringan melalui acara yang sering diselenggarakan di sana. Jika Anda tidak menemukan klien akuntansi pada individu yang bekerja di ruang kerja bersama, Anda mungkin baru saja diperkenalkan dengan prospek yang ideal.

6. Aktif membangun jaringan

Membangun ruang kerja bersama dan potensi jaringan yang mereka berikan kepada pemilik bisnis, penting untuk tetap aktif dengan jaringan dengan cara lain juga! Apakah ada pertemuan pembicara yang dapat Anda lamar atau hadiri di wilayah Anda untuk menemukan klien akuntansi? Apakah Anda secara aktif berjejaring dengan orang-orang dan profesional lain di industri ini pada platform seperti LinkedIn? Berkreasilah dengan peluang jaringan dan ingat untuk menjadi asli!

7. Pergi ke tempat klien Anda berada

Posisikan diri Anda dengan mempertimbangkan klien. Apakah mereka mengemudi melalui jalan-jalan kota Anda? Apakah mereka online Googling “akuntan di dekat saya”? Apakah mereka menggunakan surat siput? Ketika Anda memahami di mana calon klien menghabiskan waktu dan energi mereka, Anda meningkatkan peluang untuk ditemukan. Baik itu papan reklame, iklan Google, atau surat langsung, investasikan dalam metode pemasaran yang secara strategis memposisikan perusahaan Anda di jalur mereka.

8. Memiliki website yang berkualitas

Kebanyakan orang tidak akan menggunakan layanan Anda tanpa terlebih dahulu melakukan riset sendiri tentang perusahaan Anda. Studi menunjukkan bahwa antara 70-80% individu meneliti perusahaan secara online sebelum mereka mengunjungi atau melakukan pembelian. Memiliki situs web berkualitas tinggi yang memfasilitasi penelitian itu sangat penting.

Situs web Anda adalah tempat yang tepat untuk mengomunikasikan siapa diri Anda dan nilai yang Anda berikan. Gunakan tidak hanya untuk merinci layanan yang Anda tawarkan, tetapi juga untuk membangun kredibilitas pribadi Anda. Ini adalah salah satu kesan pertama yang akan dimiliki orang tentang bisnis Anda. Ini adalah representasi dari seluruh perusahaan Anda kepada calon klien, menjadikannya layak untuk menginvestasikan waktu dan uang.

Jika halaman web Anda terlihat usang, pertimbangkan untuk memperbaruinya. Gunakan foto yang menunjukkan profesionalisme. Gambar berkualitas rendah atau tidak menarik akan mengganggu dan pada akhirnya dapat merugikan bisnis Anda. Selain itu, pastikan informasi kontak Anda jelas, terkini, dan mudah ditemukan. Biarkan kualitas situs web Anda mengomunikasikan upaya yang Anda lakukan untuk tetap terkini, tidak hanya di industri, tetapi juga di bisnis Anda.

9. Memiliki CTA yang jelas di website

Selain memiliki situs web yang bersih dan ramah pengguna, penting untuk memperjelas dan ringkas tentang tindakan yang Anda inginkan untuk dilakukan oleh klien dan calon klien saat mengunjunginya. Situs web Anda seharusnya tidak hanya digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan klien sebagai akuntan, tetapi juga harus memandu mereka untuk mengambil langkah selanjutnya melalui ajakan bertindak (CTA).

Jika Anda menawarkan konsultasi awal gratis, tampilkan di situs web Anda dan jelaskan cara menjadwalkannya. Apakah Anda lebih suka pengiriman formulir, panggilan telepon, atau komunikasi email? Perjelas pesan di situs web Anda dan tempatkan tombol, tautan teks, atau bentuk CTA lainnya di situs yang memandu mereka selama proses berlangsung.

10. Bersosialisasi

Jika Anda tidak memanfaatkan media sosial, Anda kehilangan. Pada tahun 2021, 82% warga AS menggunakan media sosial. Jangkauan media sosial yang luas memberi Anda cara ampuh untuk terhubung ke audiens yang lebih besar. Di saluran media sosial Anda, tunjukkan siapa Anda sebagai pribadi dan profesional. Beri orang kesempatan untuk mengenal dan memercayai Anda. Kirimkan konten yang bermanfaat dan menarik di saluran sosial Anda. Konten adalah cara yang bagus untuk membagikan keahlian Anda dan membuat koneksi. Anda juga dapat menggunakan saluran Anda untuk mengiklankan layanan Anda. Saat kehadiran media sosial Anda tumbuh, pengaruh dan jangkauan Anda akan melakukan hal yang sama.

11. Bagikan keahlian Anda

Dibutuhkan banyak kerja keras untuk sampai ke tempat Anda hari ini. Tentunya hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah memberikan pengetahuan Anda secara gratis. Namun, ini adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk bisnis Anda dan bagaimana Anda bisa mendapatkan klien sebagai seorang akuntan. Saat Anda berbagi pengetahuan, Anda akan mendapatkan kepercayaan dan memperluas jaringan Anda. Cara sederhana untuk membagikan keahlian Anda secara bebas adalah dengan berbicara di acara, menulis artikel tentang topik industri, membuat video YouTube yang informatif, dll. Upaya Anda akan menciptakan reputasi yang kredibel yang menarik klien baru ke perusahaan Anda.

Melacak klien Anda yang sudah ada dan calon klien

Meskipun catatan tempel tepercaya sudah cukup untuk mencatat informasi klien dan mengatur pengingat sebagai bisnis kecil, berinvestasi dalam perangkat lunak manajemen praktik akuntansi menjadi penting seiring pertumbuhan bisnis Anda. Sangat penting untuk menyimpan catatan dan informasi terkini untuk klien yang ada dan calon klien sehingga Anda tidak membiarkan detail penting atau tenggat waktu lolos begitu saja.

Saat Anda menemukan klien akuntansi untuk perusahaan Anda, cari perangkat lunak fleksibel yang dapat digunakan lebih dari sekadar CRM. Pelajari lebih lanjut tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan platform manajemen praktik akuntansi Canopy.

Terapkan praktik terbaik ini untuk mendapatkan klien sebagai akuntan

Meskipun lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencoba salah satu (atau semua) praktik terbaik untuk mendapatkan klien sebagai akuntan. Mulailah dengan sederhana dengan menangani buah yang menggantung rendah. Ini bisa meningkatkan kehadiran media sosial Anda atau berbagi keahlian Anda, atau Anda dapat mengambil lompatan dan mendaftar untuk keterlibatan pembicara lokal.

Jika Anda tertarik mempelajari lebih lanjut tentang cara memasarkan layanan Anda dan mendapatkan klien, unduh ebook Marketing Essentials gratis kami.