Jika Anda seorang akuntan profesional yang sedang mempertimbangkan perubahan jalur karier, Anda tidak sendiri.

Akuntan memiliki pengetahuan dan pengalaman yang diperlukan untuk bekerja sebagai penasihat tepercaya bagi publik atau dalam perusahaan, sehingga sertifikasi Anda membuat Anda memenuhi syarat untuk berbagai jalur karier. Dari perencana keuangan hingga bankir investasi hingga analis bisnis, ada banyak peran yang perlu dipertimbangkan jika Anda mencari sesuatu yang baru.

Namun, banyak akuntan berwawasan ke depan membuat perubahan sederhana yang menghidupkan kembali semangat mereka untuk profesi ini. Ini disebut layanan konsultasi, dan dibangun di atas hubungan klien yang sudah Anda miliki dan keahlian yang telah Anda kerjakan dengan sangat keras.

Tapi di mana Anda mulai? Yang diperlukan hanyalah perubahan pola pikir dan pergeseran dari penagihan per jam ke harga nilai, dan segera perusahaan Anda akan membuka aliran pendapatan baru, terlibat lebih bermakna dengan klien, dan meningkatkan keuntungan Anda.

Di sini, kami menjelaskannya dengan melihat lanskap profesi akuntansi saat ini dan mengapa beralih ke layanan penasihat bisa menjadi jalur karier yang Anda cari.

Mengapa begitu banyak akuntan berhenti?

Menurut The Wall Street Journal, lebih dari 300.000 akuntan dan auditor AS telah meninggalkan pekerjaan mereka dalam dua tahun terakhir, penurunan sebesar 17%. Dan dengan lebih sedikit mahasiswa masuk ke akuntansi, ada lubang menganga dalam profesi yang tampaknya tidak akan ditutup dalam waktu dekat.

Dari pensiunnya Baby Boomers, hingga The Great Resignation, hingga “quiet quitting”, ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap eksodus massal ini. Tetapi bagi individu yang telah memilih jalur karir akuntansi, terdapat peluang untuk memanfaatkan lanskap yang berubah dan menandai profesi yang diminati, tetapi dengan cara baru.

Karier apa yang dapat dialihkan oleh seorang akuntan?

Jika Anda ingin beralih dari profesi akuntansi, pertimbangkan untuk memasuki industri yang berdekatan seperti keuangan atau perbankan, atau mungkin bekerja langsung untuk sebuah perusahaan. Banyak peran perusahaan seperti analis keuangan atau auditor internal membutuhkan pengalaman yang sudah Anda miliki, jadi andalkan keterampilan Anda yang dapat ditransfer seperti pembukuan, penganggaran, peramalan, dll.

Banyak akuntan yang ingin melakukan perubahan karier juga memanfaatkan pengalaman mereka dan beralih ke layanan konsultasi. Ini adalah jalur karier yang bisa menguntungkan sekaligus menguntungkan—dan itu dibangun di atas fondasi yang sudah Anda miliki. Ada beberapa bidang penasihat yang berbeda untuk diselidiki, seperti penasihat pajak, penasihat bisnis, penasihat M&A, dan penasihat akuntansi.

Belum lama berselang, entri data manual mendominasi hari akuntan tingkat pemula—mulai dari memformat laporan keuangan hingga memasukkan data neraca saldo. Saat ini, teknologi telah mengotomatiskan sebagian besar alur kerja harian akuntan, bahkan memungkinkan staf junior untuk terjun langsung ke pekerjaan yang bernilai tambah dan menarik seperti menganalisis tren, memberikan wawasan, dan menawarkan panduan kepada klien.

Layanan penasihat akuntansi mencakup berbagai keterlibatan—mulai dari perencanaan dan strategi pajak hingga nasihat tentang undang-undang terkait pajak—dan berpusat pada pengetahuan dan pengalaman unik Anda. Hasilnya adalah pekerjaan yang lebih bermakna, hubungan klien yang lebih dalam, dan peningkatan profitabilitas.

Jenjang karir di bidang akuntansi

Jalur karir dalam akuntansi dapat bersifat pribadi, publik, atau perusahaan. Sementara banyak akuntan bekerja dalam persiapan pajak tradisional, pembukuan, dan layanan penggajian, profesional akuntansi berwawasan ke depan membuat perubahan untuk menawarkan layanan konsultasi seperti:

  • Perencanaan dan strategi perpajakan
  • Penasihat tentang undang-undang terkait pajak
  • Wawasan dalam menetapkan dan mencapai tujuan bisnis
  • Memahami Key Performance Indicators (KPI)
  • Perencanaan strategis
  • Meneliti profitabilitas secara keseluruhan
  • Investasi dan manajemen kekayaan
  • Perkiraan arus kas
  • Tolok ukur dan analisis
  • Penganggaran

Layanan konsultasi seperti ini membantu klien Anda mencapai tujuan bisnis mereka—dan sering kali menghasilkan peluang konsultasi tambahan di sepanjang jalan. Pergeseran ini tidak hanya meningkatkan profitabilitas perusahaan Anda tetapi juga berdampak positif pada bisnis dan kehidupan finansial klien Anda.

Jenjang karir di bidang keuangan

Keuangan dan akuntansi berbeda tetapi jalur karier terkait. Jalur karir di bidang keuangan bisa bersifat pribadi, perusahaan, atau publik, mirip dengan akuntansi.

Seorang profesional keuangan membantu klien mereka membuat keputusan keuangan yang lebih cerdas, termasuk strategi menabung dan investasi. Mereka juga membantu bisnis dan individu memahami posisi keuangan mereka.

Menawarkan layanan konsultasi juga merupakan perubahan karir yang menguntungkan bagi para profesional keuangan. Mirip dengan penasihat pajak dan akuntansi, penasihat keuangan bekerja satu per satu dengan klien untuk memahami tujuan keuangan mereka dan mengembangkan strategi untuk membantu mereka mencapainya. Ini adalah jalur karier yang menarik dan bermakna yang dapat berdampak positif bagi organisasi dan individu—dan keuntungan Anda.

Apakah penasehat akuntansi karir yang baik?

Dalam satu kata: ya! Dalam lanskap bisnis yang kompetitif saat ini, penasihat akuntansi berarti lebih dari sekadar menyiapkan pengembalian pajak atau menyusun laporan keuangan. Ini tentang hubungan pribadi dengan klien dan membantu mereka mencapai tujuan keuangan dan bisnis mereka dengan menggunakan pengetahuan dan keahlian unik Anda.

Mendukung perubahan ini adalah teknologi yang mengotomatiskan pekerjaan kepatuhan pajak biasa dan langsung memberikan wawasan tentang tren yang dapat menguntungkan klien Anda.

Mungkin yang paling penting, pekerjaan penasihat akuntansi tidak hanya lebih menguntungkan, tetapi juga memupuk hubungan yang lebih dalam dengan klien dan tujuan yang lebih kuat dalam layanan yang Anda berikan.

Membuat transisi ke penasehat

Pada akhirnya, perubahan karier dari akuntansi tidak harus drastis. Perpindahan ke penasihat memanfaatkan keterampilan CPA Anda yang diperoleh dengan susah payah sambil mempelajari cara melayani klien Anda sepanjang tahun.

Sementara sebagian besar kantor akuntan membangun model bisnis mereka berdasarkan jumlah pengembalian pajak yang diselesaikan, mereka sering menjawab pertanyaan terkait pajak dan memberikan panduan untuk klien sepanjang tahun—tanpa diberi kompensasi yang sesuai untuk itu. Jika klien mendatangi Anda dengan pertanyaan yang melampaui cakupan pengembalian pajak mereka, pertimbangkan itu sebagai pembukaan karir baru.

Dengan melakukan transisi ke penasihat, Anda dapat memanfaatkan pengetahuan unik Anda sebaik-baiknya, membangun merek di sekitarnya, memberi harga layanan Anda secara kompetitif, dan mengalokasikan kembali sumber daya Anda dengan tepat. Dan di situlah Thomson Reuters Practice Forward® berperan.

Dengan metodologi yang terbukti di pasar, Practice Forward menawarkan konten, alat, dan panduan untuk kantor akuntan yang berpikiran maju seperti milik Anda yang tertarik untuk memperluas layanan konsultasi. Dengan akses ke lebih dari 160 alat, termasuk templat proposal, kalkulator harga dan daftar periksa, serta konsultasi yang dipersonalisasi, Practice Forward dapat membantu Anda:

  • Terapkan dan jalankan proses penjualan penasihat yang terbukti
  • Identifikasi dan kemas layanan konsultasi perusahaan Anda
  • Kembangkan strategi penetapan harga untuk penasehat
  • Menstandarkan penyampaian nasihat praktik terbaik bisnis
  • Transisi klien yang ada ke hubungan penasehat
  • Temukan peluang penasehat klien

Setiap konsultan Praktek Maju berpengalaman kami berpengalaman dalam membimbing perusahaan seperti milik Anda dengan sukses melalui proses kami yang telah terbukti. Mereka mendedikasikan diri mereka untuk membantu Anda menerapkan layanan konsultasi dengan cara yang paling sesuai dengan perusahaan dan tujuan Anda.

Jadi, jika Anda seorang akuntan yang ingin berganti karier, luangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan saran. Mulailah perjalanan Anda dengan Practice Forward dan temukan kembali hasrat Anda untuk melayani klien.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan konsultasi, baca “Penasihat akuntansi: Apa yang perlu Anda ketahui.”