Dengan laporan pelanggaran data yang muncul di berita lebih sering dari sebelumnya, perusahaan di seluruh negeri mencari langkah-langkah keamanan yang ditingkatkan untuk melindungi informasi pribadi yang sangat sensitif dari klien mereka.

Banyak perusahaan sekarang membanggakan tingkat keamanan data mereka yang canggih, tetapi bagaimana klien dapat merasa yakin dengan klaim tersebut? Laporan SOC, khususnya sertifikasi SOC 2, adalah cara terbaik bagi firma pajak dan akuntansi untuk menunjukkan kepada klien mereka bahwa keamanan data mereka memenuhi standar industri dan telah diverifikasi secara independen sebagai dapat dipercaya.

Sedikit tentang kepatuhan SOC 2

Laporan Kontrol Organisasi Layanan, biasanya disebut sebagai SOC, dikenal luas di dunia keamanan data. Perusahaan tahu bahwa mereka tidak pernah memiliki standar yang terlalu tinggi dalam melindungi data sensitif klien mereka, terutama informasi keuangan. Laporan SOC 2 berarti bahwa langkah-langkah keamanan di balik keuangan perusahaan, atau transaksi sensitif lainnya, telah dievaluasi dan dibandingkan dengan standarnya yang tinggi.

Ketika sebuah perusahaan telah mendapatkan kepatuhan SOC 2, itu mengirimkan pesan positif dan meyakinkan kepada klien bahwa mereka dapat mempercayai informasi mereka dengan mereka. Ini juga memberi perusahaan ketenangan pikiran mengetahui bahwa penyedia hosting dan penyiapan keamanan siber mereka memiliki kinerja tertinggi.

Bagaimana bisnis menjadi SOC 2 compliant

Institut CPA Amerika, yang dikenal sebagai AICPA, mengembangkan platform pelaporan SOC dalam upaya untuk mengatasi dunia keamanan siber yang semakin rumit dan beragam. Itu melihat semua standar keamanan yang beragam di pasar dan membuat daftar kriteria untuk diukur oleh penyedia yang berbeda. Perusahaan yang memenuhi atau melampaui kerangka kerja mendapatkan kepatuhan SOC 2, yang memberi tahu orang lain tentang prosedur dan kontrol yang ada untuk menjaga keamanan data.

Meskipun setiap bisnis akan memiliki pengalaman berbeda dalam mendapatkan sertifikasi SOC 2, ada beberapa langkah umum yang diambil oleh auditor independen selama penyelidikan dan peninjauan mereka. Langkah pertama adalah mengundang auditor dan memberi mereka akses ke proses saat ini. Kemudian, mereka dapat menciptakan gagasan tentang seberapa dekat suatu bisnis dengan standar SOC 2 dan menguraikan pendekatan untuk mencapai tujuan perusahaan. Pertemuan ini selalu aman, dan kerahasiaan sangat penting. Dengan peta jalan di tangan, tim teknik dari perusahaan dapat bekerja untuk mengimplementasikan perubahan untuk memenuhi kriteria.

Standar kinerja SOC 2

Jika sebuah perusahaan mematuhi SOC 2, itu berarti mereka mematuhi hingga lima kriteria layanan kepercayaan yang berfokus pada bidang keamanan, ketersediaan, kerahasiaan, privasi, dan integritas pemrosesan. Meskipun kriteria keamanan diperlukan untuk setiap audit SOC 2, empat kriteria lainnya dapat ditambahkan berdasarkan kebutuhan perusahaan, karena beberapa mungkin tidak berkaitan dengan bisnis.

Ketika datang untuk mendapatkan kepatuhan SOC 2, prosesnya bersifat sukarela dan berasal dari keinginan perusahaan untuk menekankan fitur keamanan mereka dan menyajikan fakta kepada publik. Audit memakan waktu beberapa bulan dan membutuhkan auditor luar untuk menganalisis secara mendalam inti dari operasi perusahaan. Itu juga bisa sangat mahal. Kepatuhan SOC 2 dapat memperoleh kepercayaan perusahaan dengan kliennya, tetapi perusahaan harus memutuskan apakah itu sepadan dengan uang dan upaya untuk situasi mereka.

Canopy berangkat untuk mendapatkan sertifikasi SOC 2 untuk menunjukkan bahwa kami menjaga keamanan dengan cukup serius. Dengan senang hati kami laporkan bahwa kami telah menerima SOC 2, salah satu standar keunggulan yang paling dicari. Dengan kepatuhan SOC 2, Canopy membuktikan bahwa kami berkomitmen terhadap keamanan yang dapat Anda percayai.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang keamanan siber, lihat Cara Menjaga Keamanan Data Klien Anda.