House Republicans mengusulkan untuk memperluas program Zona Peluang dan mengubah persyaratan pelaporannya sebagai bagian dari rangkaian tagihan pajak baru yang dikemas sebagai Undang-Undang Keluarga dan Pekerjaan Amerika.

Sejarah Zona Peluang

Zona Peluang adalah jenis program insentif berbasis tempat, yang dirancang untuk meningkatkan investasi di wilayah geografis yang tertekan. Aturan itu diberlakukan pada akhir 2017 sebagai bagian dari Undang-Undang Pemotongan Pajak dan Pekerjaan (TCJA).

Sementara Zona Peluang berasal dari warisan program insentif berbasis tempat lainnya, mereka berbeda dari pendahulunya dengan memungkinkan investor “untuk mengumpulkan sumber daya mereka dan berinvestasi dalam banyak proyek pada waktu tertentu dengan cara yang sangat gesit.” Sederhananya, mereka memberi insentif untuk pengembangan real estat dalam skala besar dalam area kualifikasi tertentu.

Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif, pengembangan harus memulai peningkatan modal pada properti Zona Peluang yang setidaknya sama dengan biaya akuisisinya, mengingat properti tersebut diperoleh setelah 31 Desember 2017. Kemudian, hasil dari investasi jenis ini harus diinvestasikan kembali dalam Dana Peluang Berkualitas (QOF), sarana investasi yang diatur sebagai kemitraan atau korporasi yang memiliki 90 persen atau lebih asetnya di properti Zona Peluang Berkualitas.

Setelah kualifikasi ini terpenuhi, ada tiga cara di mana proyek dapat memperoleh keringanan pajak capital gain. Bergantung pada durasi investasi dalam QOF disimpan, pengembang dapat menangguhkan pembayaran pajak keuntungan modal atas investasi mereka, mengamankan hingga 15 persen peningkatan basis step-up untuk keuntungan modal mereka, atau secara permanen mengecualikan dari pajak modal apa pun. keuntungan yang diperoleh setelah investasi mereka di QOF.

Sementara beberapa variasi program insentif berbasis tempat telah diterapkan selama beberapa dekade terakhir, tidak ada konsensus mengenai apakah program tersebut berfungsi sebagaimana mestinya. Penelitian menunjukkan bahwa mereka beralih daripada menciptakan lapangan kerja, dan terutama menawarkan keuntungan finansial kepada pemilik tanah yang kaya atau pekerja lapangan yang sangat terampil.

Karena struktur program Zona Peluang berbeda dari program insentif berbasis tempat sebelumnya, pengaruhnya mungkin akan bervariasi. Laporan singkat tahun 2023 dari Economic Innovation Group mendukung asumsi ini, dengan mengatakan “bukti yang muncul menunjukkan bahwa Zona Peluang telah mencapai kombinasi jangkauan geografis yang luas, investasi swasta skala besar, dan efek ekonomi signifikan yang unik dalam sejarah kebijakan berbasis tempat AS.” Namun, makalah kerja tahun 2021 yang diterbitkan oleh Biro Riset Ekonomi Nasional menemukan “sedikit atau tidak ada bukti efek positif dari program Zona Peluang pada pekerjaan, pendapatan, atau kemiskinan penduduk zona.”

Mengingat kurangnya konsensus historis, serta kebaruan Zona Peluang, mengumpulkan data tentang insentif berbasis tempat sangatlah penting.

Usulan Perubahan House Republicans

Persyaratan pelaporan baru Undang-Undang Keluarga dan Pekerjaan Amerika untuk dana peluang yang dikelola pengembang, serta persyaratan pelaporan tahunan dari Menteri Keuangan, akan membantu memperjelas efek Zona Peluang.

Persyaratan baru menentukan, misalnya, bahwa QOF melaporkan jumlah bulanan karyawan penuh waktu yang setara dengan perusahaan yang dibentuk di Zona Peluang, dan bahwa Menteri Keuangan melaporkan jumlah perkiraan agregat unit tempat tinggal yang dihasilkan dari investasi yang dilakukan oleh QOF.

Selain itu, ada dua persyaratan tambahan Sekretaris yang harus dilengkapi setelah beberapa periode pelaporan pertama.

Untuk tahun keenam setelah pengesahan undang-undang, Sekretaris wajib memasukkan dalam laporan dampak dan hasil dari Zona Peluang Berkualitas yang diukur dengan indikator ekonomi, seperti penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, dan pembukaan usaha baru.

Dan, untuk tahun keenam atau kesebelas setelah undang-undang tersebut diundangkan, Sekretaris wajib melaporkan perbandingan antara periode lima tahun yang lalu dan data selanjutnya tentang indikator ekonomi dan mobilitas di Zona Peluang yang ditentukan.

Selain menerapkan perubahan dalam pelaporan, Undang-Undang Keluarga dan Pekerjaan Amerika akan membuat kategori baru Zona Peluang Berkualitas yang berada di pedesaan dan dalam kemiskinan yang terus-menerus, seperti yang didefinisikan oleh Biro Sensus. Zona Peluang Pedesaan yang Memenuhi Syarat akan memiliki keuntungan pajak yang sama dengan Zona Peluang yang Memenuhi Syarat, dengan dua perubahan utama: periode waktu di mana keringanan pajak dapat dipilih (sebelum 31 Desember 2032) dan periode waktu di mana dana peluang dapat diinvestasikan ( setelah 31 Desember 2023). Zona Peluang yang Memenuhi Syarat yang ditetapkan berdasarkan Undang-Undang Pemotongan Pajak dan Pekerjaan 2017 mensyaratkan keringanan pajak dipilih sebelum 31 Desember 2026, dan dana peluang diinvestasikan setelah 31 Desember 2017.

Karena House Republicans mempertimbangkan perubahan pada program Zona Peluang, mereka harus fokus pada peningkatan dan penguatan lebih lanjut standar pelaporan program. Mengingat kekhawatiran tentang bagaimana Zona Peluang dapat menghasilkan keuntungan dari gentrifikasi lingkungan, tidak jelas apakah hasil positif dari data komparatif yang baru diperlukan akan mencerminkan perbaikan penduduk miskin zona atau pergeseran demografi ekonomi suatu daerah. Sementara proposal mereka untuk memperluas program ke daerah pedesaan bermaksud baik, hal itu harus dipertimbangkan kembali sampai kapasitas untuk memahami sepenuhnya efek dari Zona Peluang tersedia.