Rumah Politik telah melaporkan bahwa:

Sekelompok rekan, wadah pemikir, dan pakar ekonomi akan meluncurkan kelompok parlementer baru yang berfokus pada tekanan pemerintah untuk merombak kekuasaan Bank of England saat ini, termasuk kemampuannya untuk mencetak uang dan membeli obligasi melalui Quantitative Easing (QE).

Seperti yang mereka catat:

Lord Hannan, seorang rekan Konservatif sejak 2021, akan menjadi tuan rumah peluncuran Inisiatif Uang Jujur (HMI) yang bertujuan untuk melobi reformasi sistem moneter Inggris. Ini didukung oleh Mark Littlewood dari Institute of Economic Affairs dan Eamon Butler dari Adam Smith Institute.

Sebut saja ini inisiatif Tufton Street lainnya dalam kasus itu.

Laporan itu juga mencatat:

Acara di parlemen pada hari Senin akan mencakup pemutaran film dokumenter yang diproduksi oleh wadah pemikir pasar bebas Cobden Center. Ini bertujuan untuk mendorong anggota parlemen untuk “menghapus kekuatan Bank Inggris untuk menciptakan uang baru dalam jumlah tak terbatas”.

Tidak diragukan lagi mereka sangat senang bahwa bank swasta dapat melakukan hal itu. Tapi, anehnya, mereka sangat keberatan dengan negara yang melakukannya. Agenda sebenarnya perlahan menjadi jelas dalam laporan tersebut:

Mantan negosiator Brexit Lord Frost, pendukung kuat kampanye HMI, dan diperkirakan akan menghadiri acara peluncuran hari Senin, mengatakan dia yakin sudah waktunya untuk “mengubah mandat Bank of England sehingga kami dapat mulai membalikkan keadaan”.

“Hal terbaik yang dapat dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari keluarga pekerja keras adalah belajar untuk hidup sesuai kemampuannya – seperti yang harus dilakukan semua orang. Pencetakan uang dan suku bunga super rendah dalam waktu lama telah menjadi akar dari negara ini bergerak ke kiri,” tambahnya.

Jadi, sebenarnya ada tiga hal tentang ini.

Yang pertama adalah mempromosikan analogi rumah tangga.

Yang kedua adalah menghentikan intervensi negara di pasar.

Yang ketiga, tentu saja, adalah membatasi ukuran pemerintah dan membatasi ruang lingkup apa yang dapat dilakukannya untuk rakyat.

Mengapa paranoia sekarang? Biarkan saya menyarankan alasan. Tantangan terbesar yang pernah kita hadapi sekarang bukan di cakrawala tetapi malah menatap wajah kita. Ini, tentu saja, perubahan iklim. Semua yang mempromosikan kegiatan ini adalah penyangkal perubahan iklim. Semuanya menginginkan tidak ada tindakan yang diambil untuk itu. Mereka pasti ingin membatasi ruang lingkup pemerintah untuk campur tangan dalam masalah ini. Sudah ada tanda-tanda bahwa mereka berhasil dalam hal ini. Lihat saja bagaimana Partai Buruh runtuh. Jadi, tujuan mereka adalah mengatakan bahwa pemerintah tidak boleh campur tangan. Kita harus hidup dalam batas-batas, kata mereka, bahkan jika batas-batas itu tampaknya akan menyebabkan kepunahan kita pada lintasan saat ini. Itu, menurut saya, adalah agenda sebenarnya di sini.

Saya bertanya-tanya anggota parlemen dan kekuatan mana yang mempromosikan alternatif?